Manfaat Jahe Untuk Nyeri Haid

19 Sep

Jika nyeri haid mengganggu kamu, segera ambil manfaat jahe untuk nyeri haid yang kamu alami. Disini kita akan berbagi mengenai cara mengolah jahe untuk meredakan nyeri haid, memperlancar proses haid dan mengatasi pusing kepala saat haid. Cermati, praktekan dan buktikan sendiri khasiatnya di rumah ya !

MANFAAT JAHE UNTUK NYERI HAID

Manfaat Jahe Untuk Nyeri Haid
Manfaat Jahe Untuk Nyeri Haid

Jahe atau juga dikenal sebagai Zingiber Officinale merupakan tanaman sejenis rimpang yang sering digunakan sebagai rempah masakan dan bahan obat-obatan. Pada tengah ruasnya jahe mengembung terdiri dari beberapa rimpang berbentuk jari. Didalamnya terkandung senyawa keton yang dinamai Zingeron yaitu penyebab rasa pedas pada jahe.

Sebelum lebih dalam membahas tentang manfaat jahe untuk nyeri haid, baiknya anda mengetahui jenis-jenis jahe berikut sebagai panduan saat anda memilih bahan obat nantinya :

  • Jahe Badak

Dikenal juga sebagai jahe gajah, berbentuk besar gemuk dan mempunyai rasa sedikit pedas namun tidak sepedas jahe pada umumnya. Daging rimpangnya berwarna ke-kuning-kuningan atau putih.

  • Jahe Kuning

Lebih sering digunakan sebagai bumbu masakan, jahe jenis ini mempunyai aroma yang sangat tajam sehingga bisa gunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, ayam atau masakan lainnya. Mempunyai ukuran yang sedang, warnanya kuning.

  • Jahe Merah

Merupakan jahe paling pedas dan sangat baik digunakan untuk bahan pembuatan obat atau jamu karena didalamnya terdapat kadar minyak atsiri yang cukup tinggi. Rimpang jahe merah sangat kecil dan kulitnya berwarna merah, seratnya lebih besar dibanding dengan jahe jenis lain.

Dari ketiga jenis jahe diatas, semuanya dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri haid apabila diolah dengan cara yang benar. Akan tetapi lebih baiknya anda menggunakan jahe merah, karena kadar nutrisi untuk pengobatan lebih banyak terkandung dalam jahe merah dibanding yang lainnya.

JAHE MERAH

Manfaat Jahe Untuk Nyeri Haid
Manfaat Jahe Merah Untuk Nyeri Haid

Kandungan Senyawa :

  1. Gingerol
  2. Zingeron
  3. Shogaol
  4. Minyak atsiri
  5. Oleoresin
  6. Zingerberin
  7. Kamfena
  8. Lemonin
  9. Zingiberen
  10. Zingiberal
  11. Gingeral
  12. Minyak dammar
  13. Asam malat
  14. Asam aksolat
  15. Pati

MENGOLAH JAHE MERAH UNTUK NYERI HAID

Bahan yang di siapkan :

  1. Jahe merah
  2. Madu

Cara Pengolahan :

  1. Potong 2 rimpang jahe menjadi irisan-irisan kecil.
  2. Masukan jahe kedalam gelas dan seduh dengan air panas.
  3. Tambahkan madu untuk mengurangi rasa pedas.
  4. Minum ramuan secara teratur 2x sehari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *